Jangan Remehkan Orang Kecil

Posted on 2 November 2008 by

0


Memang yang namanya komunitas atau organisasi terdiri dari beberapa struktur atau level kegiatan. Struktur dan level tersebut menunjukkan kerja dan tanggung jawab yang berbeda. Seperti sebuah kelompok musik orkestra. Ada yang pegang biola, bass, drum, tomtom, bahkan triangle. Tetapi mengapa sang konduktor tetap mempertahankan pemain triangle itu? Inilah yang namanya organisasi. Sebuah komunitas, memang terdiri dari beragam level dan setiap level memiliki tanggung jawab yang sama dalam memainkan aransemen musik dengan benar. Walau triangle itu hanya sebentar saja dimainkan, tetapi justru membuat musik tersebut terasa indah didengar dan dinikmati. Bayangkan kalau pemain triangle itu memaksakan diri untuk memukul alat yang dipegangnya setiap ketukan… pasti akan merusak keindahan aransemen yang ada.

Begitu pula dalam sebuah organisasi atau komunitas. Ada pemimpin level tinggi, menengah, dan bawah. Dalam komunitas lain, misalnya ada juga orang yang bertugas hanya sebagai office boy atau cleaning service. Namun bukan berarti mereka harus dipandang rendah oleh orang-orang yang memiliki level organisasi yang lebih tinggi. Mereka harus dipandang sama karena juga memiliki tanggung jawab dalam membuat organisasi atau komunitas itu berjalan sesuai programnya. Bayangkan jika office boy dan cleaning service tidak melaksanakan tugasnya satu hari saja. Pasti level organisasi lainnya akan kewalahan jika harus melakukan tugas tersebut.

Inilah yang namanya organisasi. Jadi kita harus bersikap positif dalam memandang setiap level organisasi. Jangan lihat apa jabatan yang dipegang seseorang, tapi lihatlah dari sudut pandang tugas dan tanggung jawab yang diemban. satu pemain yang hanya memegang triangle. Bila dilihat secara sekilas, sepertinya orang tersebut memiliki kerja dan tanggung jawab yang sepele sekali. Apalagi bila dibandingkan dengan mereka yang memegang biola, bas, trombone, dan lainnya. Setelah aransemen musik dimainkan, ternyata triangle itu juga hanya sebentar-sebentar saja dibunyikan. Orang yang hanya sekedar melihat secara fisik tentunya akan berpikir bahwa pemegang triangle itu berposisi rendah sekali. Atau bisa saja ada yang berpikir, kalau hanya sebentar saja, lebih baik tak usah pakai triangle, karena hanya menambah pengeluaran untuk upah anggota orkestra saja.

Advertisements
Tagged: , ,
Posted in: Catatan Lepas