Memerintah tanpa Bicara

Posted on 2 November 2008 by

3


MEMERINTAH TANPA BICARA

Memberi perintah umumnya adalah pekerjaan utama para manajer atau pemimpin. Di berbagai negara, di setiap organisasi, pemimpin identik dengan pemberi perintah.

Organisasi yang akan bertahan di masa depan tidak mendasari kegiatan atau aksinya dengan perintah, tetapi lebih karena kesadaran dan konsensus.

Anda dapat menjadi pemimpin yang terbaik bagi organisasi anda, yaitu anda tak akan dianugrahi julukan sebagai pemimpin yang hobi “perintah sana-sini”. Dengan demikian staf anda akan sangat menyukai dan menghormati anda jika anda tak memiliki hobi seperti itu. Mereka lebih suka jika anda punya hobi musik, main catur, scrabble, makan siang bersama, dan sebagainya.

Tapi tak mungkinkah staf anda dapat bekerja tanpa perintah? Bukan itu masalahnya. Tetapi bagaimana staf anda melaksanakan semua yang anda inginkan tanpa mendengar perintah tersebut keluar dari mulut anda. Atau dengan kata lain, anda memerintahnya tanpa bicara. (memang sepertinya Mission : Impossible).

Ini benar! Anda dapat memerintah tanpa bicara. Hanya dengan beberapa detik, anda dapat mewujudkan “mimpi” ini. Begini kiatnya :

1.    berikan kepada staf anda pemahaman yang utuh tentang visi, misi, tujuan, dan strategi organisasi.

2.    Berikan job description yang jelas, mencakup kedudukan, tugas, dan fungsi, tanggung jawab dan kewenangannya, sesuai dengan bagian masing-masing.

3.    Sediakan agenda kegiatan (realisasi program) agar mereka senantiasa ingat “harus berbuat apa”

4.    Pada saat yang tepat, ajaklah mereka berpikir tentang masa depan organisasinya.

5.    Tak perlu sungkan-sungkan untuk mengajak mereka refreshing bersama.

6.    Tak perlu malu bertanya tentang suasana kerja dan harapan mereka

7.    Hanya itu, tak ada lagi.

Jika kiat tersebut anda terapkan dengan senang hati dan lapang dada, saya jamin mulai detik ini anda dapat menjadi pemimpin yang dihormati dan dicintai oleh semua staf anda. Sebab telinga mereka tak lagi merah dan pekak mendengar perintah-perintah. Artinya, anda telah berhasil memerintah tanpa bicara dan sukses masa depan ada di tangan anda. Kalau tak percaya, TANYA TOKO SEBELAH!

Advertisements