Dilarang Jualan

Posted on 8 November 2008 by

0


Di kampung Kapitkotan, masyarakat selalu berkumpul di lapangan voli untuk bersilaturahmi. Itu dilakukan rutin setelah selesai shalat Ied berjamaah di pelataran masjid. Di lapangan voli itu setiap ketua RT mewakili tetangganya untuk saling memaafkan. Maklum, di antara ketiga RT yang ada di kampung tersebut, sering terjadi percekcokan, terutama di kalangan ibu-ibu. Entah cekcok secara frontal maupun secara sirrin (diem-dieman, perang dingin). Tapi pas lebaran, semua itu cair setelah saling bersalaman, berpelukan, bahkan diiringi dengan tangis sesenggukan.Mpo Geboy, sebagai dedengkot ibu-ibu RT 03, atau sering disebut RT Bontot karena pak RTnya adalah Bang Bontot, dikerubungi oleh komplotannya. Satu persatu mereka saling meminta maaf. Macam-macam kalimat maafnya ;”Kalo ade sale-sale kate, tulung, maapin ye!”, “Eh, elu! Maapin gue ye, gue suka ngomongin elu!”, “Kagak tau dah! dose2 kite banyak kali ye, maapin aye mpok!” “taqabbalallahu minna waminkum”, “minal aidin wal faidzin”, “maap lahir batin ye mpok!” dlsb….. Bahkan ada juga yang berpantun,

Beminggu-minggu ayam ngeremin
Telor nyang netes, cuman atu
Beminggu-minggu dose elu lakuin,
ini hari, gue kagak aku!

[nahloo… bingung lu pade, maksudnya, dosa tetangganya sudah dilupakan gitu loh…]

Ke Ciputat lewat kampung Utan
Ude kage ade nyang nyiangin serabi
Kalo kite udeh maap-maapan
Dose baru jangan dilakuin lagi

Setelah saling berbalas pantun –sebuah tradisi betawi yang terancam punah–, semua bubar, kembali ke rumah masing-masing…

Sehari lebaran lewat, mpok geboy ngedumel di depan suaminya, Bang Namun. “Pegimane tuh, wak Aji! ude tau kagak bole jualan, eh die malah jualan. Udegitu, jualan gado-gado lagi!” Wajar mpok Geboy kesal, karena wak Aji adalah pelanggan paling setia gado-gado buatannya. Setiap makan siang, pasti cucunya memesan gado-gado ke mpok Geboy.

“Lu merasa kesaing? Deminin aje, ntar juga ditegor same bang Bontot!” jawab bang Namun santai sambil meraup kacang goreng dari toples. Memang di kampung Kapitkotan ada peraturan baru yang dikeluarkan oleh Ketua RT 03 alias RT Bontot karena pak RT-nya adalah Bang Bontot. Peraturan itu melarang aktifitas jualan atau dagang selama seminggu lebaran. Hal ini dilakukan bang Bontot karena tahun-tahun sebelumnya, pada pelaku jualan sering terlibat konflik antar pedagang. Memang saat lebaran di kampung ini sangat ramai dengan tamu dari mana-mana. Nah, warga lokal yang sudah biasa dagang, sering mendapat keuntungan karena banyak tetamu yang doyan jajan. Lantaran sering terjadi iri-irian, saling ngedumel, ngomongin orang, banting harga, padahal baru sehari saling memaafkan di lapangan voli, maka bang Bontot sebagai satu-satunya sisa keturunan jawara Betawi mengeluarkan peraturan seperti itu.

“Mao ditegor pegimane? lha bang Bontot aje belajar ngaji same wak Aji. mane berani die ngelarang?! Lagian wak Aji pegimane, biasanye die paling doyan same gado-gado gue. Lah sekarang die jualan sendiri…” sesal mpok Geboy.

“Ah, sepengenalan gue, bang Bontot orangnye kagak pandang bulu! sape aje nyang rese’ pasti die paranin!” bang Namun memang idol banget sama bang Bontot. Selain karena bang Bontot sebagai Jawara Betawi, juga karena kepemimpinannya yang tegas, berani, dan bisa dikritik kapan saja tanpa marah-marah apelagi sampai matanya mendelik.

“Lagian, wak Aji kagak jualan nyak!” si Akhir, anak semata wayang mpok Geboy ikut bicara sambil sibuk mengitung lembaran uang hasil jerih payahnya keliling dari satu rumah ke rumah lainnya. Ini merupakan tradisi bagi anak-anak Betawi, keliling kampung, salaman sama yang punya rumah demi mendapatkan recehan alias uang lebaran.

“Kagak jualan gimane? Di pekarangannye rame banget orang-orang pade beli gado-gado. Mau nyaingin gue rupenye wak Aji…!” ternyata mpok Geboy masih tegangan tinggi.

“Tapi tadi, pas aye ke rumah wak Aji, wak Aji kaga jualan. Apelagi sodara-sodaranye pade ngumpul di sono. Yang jualan mah tukang gado-gado yang suka mangkal di depan Ratu Plaza, nyak! Die bawa gerobaknya ke rumah wak Aji, lantaran wak Aji kepengen makan gado-gado. Pan udah biase, wak Aji makan siang pake gado-gado Nyak…” jelas Akhir tanpa memandangi Nyak (mama) nya karena masih belum selesai menghitung penghasilan.

“Tadi mpo Atun beli gado-gado, pas gue tanya beli di mane, die bilang di rumah wak Aji!”

“Lha jadi lu cuman ngandelin omongannye si Atun aje?!!” Bang Namun terkejut, raupan kacangnya belarakan di meja dan lantai. “Jadi lu kagak ke rumah wak Aji, kagak ngeliat pake mate kepale lu kendiri?!”

“Si Atun kalo ngomong gak pernah bohong, bang!”  Mpok Geboy masih tetap pada pendiriannya : kesal kepada wak Aji yang dianggapnya tak mengindahkan dan tak meneladani peraturan bang Bontot sebagai ketua RT.

“Udah deh, mending lu liat ke rumah wak Aji sono! Kalo emang omongannye Atun bener, ya udah, lu laporin aje ke bang Bontot. Tapi kalo omongannye si Akhir yang bener, lu minta maap dah sama wak Aji! Buruan!!” bang Namun berdiri sambil menunjuk pintu.

Mpok Geboy taat banget sama suaminye. Baginya, bagaimanapun, bang Namun adalah pemimpinnye. Begitu pelajaran yang die dapat dari pengajian yang dibimbing sama wak Aji.

Setelah sampai di rumah wak Aji, mpok Geboy menyaksikan kerumunan tetangganya yang memesan gado-gado dari gerobak keliling mas Paijo sebagaimana penjelasan si Akhir, anaknya sendiri. Melihat kenyataan itu, mpok Geboy langsung mencari wak Aji, lantas langsung sungkem dihadapan wak aji yang sedang duduk memakan gado-gado. “Maapin aye, wak Aji… maapin aye…!”

“Astaghfirullah, lu kenape? Ngagetin aje… udah deh, lu kagak usah menesel lantaran kagak jualan. Lu kagak salah. Pan ini udah peraturan RT kite…. Ga pape deh seminggu ini gue makan gado-gado si Paijo. Walopun sebenere kagak bise ngalehin buatan lu! Namenye juga gado-gado alternatip…. Tar pas abis seminggu, lu dagang lagi ye! Gue tetep aje keingetan same gado-gado lu! Udah lu jangan merase bersalah gitu, Gue jadi kagak enak nih…” Wak Aji memang pelanggan fanatik gado-gado mpok Geboy. Setiap hari, wak Aji hanya bisa makan siang dengan gado-gado khas Betawi ala Mpok Geboy…

Advertisements
Posted in: Betawi Begaye