Sahabat Rekan Sebaya

Posted on 9 December 2008 by

19


srs

Wah, dimintai tolong untuk ikut menjemput ke depan Gramedia Matraman, jam 6 pagi. Padahal lelah karena perjalanan dari Anyer-Bogor masih terasa. Tapi nggak papalah, ini kesempatan keduaku, bertemu dengan anak-anak bimbingan dr. Aisha Dahlan. Dulu, waktu pertemuan pertama, aku nggak sempat ngobrol dengan mereka. Mereka adalah anak-anak mantan pengguna Narkoba. Dengan cinta, dr. Aisha mengajak mereka untuk menapaki hidup baru sebagai “Orang yang Bermanfaat bagi orang lain”.

Semboyan mereka masih belum berubah : “CUKUP GUE!” Yang mengingatkan semua orang agar jangan pernah mencoba narkoba. Cukup mereka saja yang tersiksa akibat narkoba. “Anda yang masih cakep, masih ganteng, mending jangan menyicipinya, bahaya!” kata Bagas, anggota SRS yang dalam rombongan ini paling tua, 35 tahun.

Mereka kini berjuang dengan bakatnya sebagai enterntainer dalam setiap seminar teatrikal yang menarik. Aku bilang seminar teatrikal, karena dalam presentasinya, dr. Aisha Dahlan dibantu oleh tim SRS dalam memvisualisasikan contoh-contoh orang yang “memakai dan sakaw” narkoba.

Aku melihat, upaya mereka begitu tulus, mengingatkan anak-anak muda endonesya agar tidak terjerat lingkarang setan narkoba. Aku merasakan betapa beratnya perjuangan mereka. Karena, biasanya bagi orang yang pernah “pakai”, sulit sekali untuk benar-benar bebas dari rasa “ingin kembali”. Bisa dibilang, usaha mereka merupakan Perjuangan Tanpa Selesai. “Mereka tak bisa sembuh total, mereka hanya bisa pulih”, kata dr. Aisha Dahlan, yang juga sebagai Ketua Rehabilitasi Narkoba RS Bhayangkara POLRI, Jakarta.

Sebagai salah satu kampanye Anti Narkoba, merekapun menggarap dan sekaligus main film layar lebar. Film ini berjudul “Cukup Gue!” dan akan launching 17 Des 08 di Blitz Megaplex, Jakarta.

Slide ketika mereka menggelar Seminar Teatrikal “Altrogadts” di Cihideung Forest, Anyer, bisa teman-teman longok di sidebar. VCD seminar mereka sih, sudah selesai aku capture dan burning…. buat dokumentasi non-komersial saja.

Hm… Banyak obrolan bermanfaat dengan mereka. Tapi belum sempat tertuliskan.

Posted in: Catatan Lepas