4 Trik Kuasai Guru

Posted on 13 December 2008 by

7


Pagi ini Nawi kesal. Ia malas berangkat ke kelas. Sementara 4 temannya sedang memakai sepatu di teras asrama. Tapi Nawi masih mengenakan kaos oblong yang masih bau naga, alias belum mandi. Masih belum beres mengukur panjang kasur lipat sejak semalam.

“Memang kenapa dia?” Tanya Brohim kepada Karim. Yang ditanya menggeleng.
“Lagi panas!”Ojack mewakili… Karim atau Nawi ya… nggak jelas.
“Kok nggak minum obat semalem?!” selidik Brohim
“Biarin aje, dia lagi panas sama pak Muhir guru yang paling disebelin sama dia! Yuk kita jalan aja!” info dan saran yang baik dari Tatox. Merekapun melanjutkan perjalanan menuju lapangan untuk apel pagi.

“Pak Muhir memang nggak becus ngajar sih!” Ojack berkomentar di tengah jalan.
“Ah, ngomong aja kayak ngedumel, mana bisa dimengerti!” tambah Tatox
“Gue mah, biasa aja. Emang dia begitu, mau diapain. Gue sih yang penting nggak merasa terganggu dengan kehadiran dia.” Brohim memang paling harum namanya di beberapa mulut guru.
“Wajar sih, Nawi kesel. Soalnya dia nggak dapat kepastian dari pak Muhir.” Tumben Karim komentar. Biasanya diam terus.
“Wajar? Memang ada masalah apa mereka?” Tatox antusias, mungkin karena Karim yang ngomong.
“Hari Senin kemarin, untuk entah untuk ke berapakalinya Nawi protes, kenapa nilainya jelek terus, padahal ia sudah berupaya meningkatkan kemampuan menulisnya. Tapi pak Muhir kan nggak pernah bisa menjawab. Aku rasa kalian sering lihat kondisi kayak gitu, khan?” Jelas Karim.
“Iya sih, tapi gue nggak sampe ngambek gitu…” Ojack membayangkan Nawi yang masih bermalas-malasan di kamarnya.
“Elu mah, nggak pernah merasa bego walaupun nilailu di bawah standar! Wajar lu nggak ngambek!” Brohim menyambar Ojack
“Sialan lu! Gue bukannye gak mau punya nilai gede. Tapi emang nasib gue gitu, mao diapain?!”
“Nawi pernah cerita sih, kalau pak Muhir nggak bertampang kusam kalau di depan anak-anak perempuan. Pernah merhatiin nggak?” kata Tatox.
“Kayaknya sih…” Brohim berusaha mengingat-ingat momentum dengan pak Muhir di kelas.
“Benar! Waktu hari minggu, pas gue jalan sama Nawi ke Mall, kita ketemu Marry dan Ratna di Pizzahut. Di sana Nawi ngobrolin pak Muhir terus. Ia menanyakan ke anak-anak perempuan, kenapa pak Muhir bisa memberikan mereka nilai yang selalu bagus, selalu tersenyum, betah berlama-lama dengan mereka.” Karim menceritakan dengan lancar. Di luar kebiasaan.
“Terus si Marry atau Ratna bilang apa?”
“Mereka kasih tahu rahasia anak-anak perempuan!”
“Apaan Tuh Rahasianya? Wah enak dong lu bedua dapet rahasia cewek!” Ojack paling ngeres dibandingkan anak-anak NKotB lainnya.
“Syaratnya sulit untuk dilakukan Nawi! Mungkin itu yang bikin dia frustasi!

Begini kira-kira rahasianya….

“…Begini, Wi…, Cuma 4 hal yang musti lo lakuin biar pak Muhir yang guanteng itu mau bersahabat sama lo. Pertama, Lo musti orderin pan pizza buat gue bedua… buat di asrama… hihi… Kedua, Lo tuh musti kelihatan cakep di mata pak Muhir. Lo liat aja kita-kita, kan selalu tampil mengesankan di depannya, indikatornya, lo liat aja matanya, pasti jelalatan ke kita-kita… Ketiga, lo musti bisa ngajak dia bercanda, bahkan ketawa-ketiwi bareng… Minimal, lo musti sering kasih dia senyuman manislo! … Walaupun tampanglo di bawah standar, gue rasa kalo lo smile, pak Muhir cukup damai hatinya…. Keempat, Lo musti sering bikin Informal Meeting sama dia. Lo liatlah kita-kita ini, kan sering nongkrong bareng pak Muhir di taman, di kantin, dengerin cerita dia yang sebenere nggak pernah gue ngerti. Tapi yang penting dari semua itu, dia nggak pernah menilai kita-kita buruk! Yang penting, Itu goalnya!”

“Oo… Gitu, Rim rahasia mereka?!” Tatox rada mangap…
“Pantes aje Nawi stress, mane bisa die ngebanci di depan pak Muhir, hehehe…” Ojack gembira, menertawakan kesimpulan pikirannya sendiri…
“Hm… gue yakin Nawi nggak bakalan brenti sampai di sini…” Brohim curiga. Dia memang selalu analitis kalo dengar cerita apapun…
“Iya, sih. Kayaknya dia lagi nyiapin rencana buat ngerjain pak Muhir tuh…” balas Karim.
“Apaan? Ngapain dia?” Ojack antusias, “Gue siap bantu, demi kesetiakawanan sosial nasional… tut tut tuuuut…!” Mulutnya makin monyong seperti lokomotif bermesin disel.
“Masih rahasia, pokoknya tunggu aja deh… ” Karim menyabarkan teman-temannya, lantas kabur menuju barisan upacara yang hampir dimulai. Ojack, Tatox, dan Brohim mengikuti jejak Karim… Mereka masih penasaran, karena biasanya Nawi paling top dalam menyusun kejahatan berencana…

Note: Mohon Maaf, ini hanyalah cerita fiksi, diangkat dari kehidupan sehari-hari. Apabila ada kesamaan nama dan nasib, mohon tidak Ge-Er, apalagi protes. Nggak ada maksud sama sekali untuk mendiskreditkan profesi guru… 
Advertisements
Tagged: , , ,