Semangat Muda

Posted on 4 July 2009 by

9


Menghadapi semangat muda yang penuh dengan protes dan pemberontakan memang menyita waktu. Bagaimanapun mereka masih dikuasai oleh heroisme. Meskipun pergulatan hidupnya belum membentuk kedewasaan sikap.

Ketika mereka diberi kesempatan untuk berbagi kewenangan dan tanggung jawab dengan penjelasan akan masalah dan tantangan yang dihadapi organisasi, biasanya hanya tersenyum saja. Beberapa orang mundur teratur. Yang lain siap menerima walau tak mengerti harus berbuat apa. Hanya mereka yang benar-benar concern terhadap organisasilah yang berani mengemban tanggung jawab.

Bagaimana semangat muda yang concern? Adalah mereka yang mau menyerahkan kehidupannya bagi organisasi. Mereka melebur dalam perjalanan bersama. Siap mengangkat beban bersama, lapar bersama. Tak memprioritaskan tentang apa yang mereka dapatkan ketimbang apa yang organisasi dapatkan.

Semangan muda yang concern adalah mereka yang dewasa menghadapi perbedaan. Proaktif, tidak reaktif menghadapi segala situasi. Memahami perbedaan, tidak merasa paling benar dan harus selalu benar. Menyadari bahwa tidak semua hal harus diketahui. Ada hal-hal yang memang boleh diketahui dan ada yang tidak. Ini harus bisa diinsyafi.

Aku yakin dalam setiap masa, akan selalu ada semangat muda yang concern. Mereka yang mau menyatukan hati dan langkah, melebur menjadi sejiwa selangkah setega serasa sekarsa. Pasti ada!

Advertisements
Posted in: Catatan Lepas