Go Blog : Paragraf Ideal

Posted on 8 September 2009 by

11


Dalam pelatihan blog untuk para cleaning service dan office boy, aku menerima sebuah pertanyaan dari seorang peserta. “Tulisan yang bagus itu yang panjang ya, pak?” Aku bilang tulisan yang bagus tak mesti panjang, yang penting jelas dan mudah dipahami. Merekapun mulai menulis. Lumayan, untuk seorang pemula, mereka sanggup menulis satu paragraf saja ketimbang “Halo Dunia”. Hanya beberapa orang saja yang menulis hingga tiga paragraf.

Selesai pelatihan, pertanyaan peserta itu masih melekat di pikiranku. Jika hitungannya adalah paragraf, berapakah paragraf ideal sebuah postingan? Aku memperkirakan antara 3-4 paragraf. Tapi 5 paragraf masih bisa ditolerir untuk sebuah cerpen maupun opini yang cukup serius. Bagaimana kalau lebih dari 6 bahkan sampai 10 paragraf? Aku khawatir tak akan dibaca oleh para blogger yang rata-rata nggak demenΒ  membaca postingan yang cenderung panjang.

Jumlah paragraf ini memang relatif sih. Tapi dengan menekan jumlah paragraf, aku pikir dapat melatih kita untuk menulis dengan sajian sedikit, pembahasan ringan, namun tetap tuntas. Tapi kurasa hal ini tak berlaku untuk postingan berbentuk cerita berformat dialogis. Lalu bagaimana jika tak terhindarkan menulis lebih dari 6-10 paragraf? Ya, bagus juga dong. Berarti anda terbiasa menulis panjang dan berkesempatan menulis dalam sebentuk buku.

Posted in: Tips & Trik