Rahasia Jadi Blog Pilihan?

Posted on 14 September 2009 by

23


sp32-20090910-120450

Temanku bertanya, “koq bisa sih postingan kamu jadi blog pilihan di blogdetik?”. Sebenarnya aku nggak bisa jawab karena itu merupakan tugas pengelola blogdetik, yang harus memilih blog pilihan setiap minggu. Kriterianyapun aku tak tahu. Bahkan temanku yang postingannya sudah 4 kali masuk sebagai blog pilihan, juga tak memahami latar belakang penilaian terhadap pilihan admin blogdetik. Dan bagiku, memang gak perlu dipahami.

“Kenapa gak perlu dipahami? Soalnya ada postingan yang biasa-biasa aja, eh malah jadi blog pilihan. Justru postingan yang kupikir bagus, mendalam, serius, malah nggak terpilih?” Ia mulai protes. Aku bilang padanya, setiap orang punya penilaian berbeda. Selain itu, setiap orang juga punya suasana (mood/trend) yang berbeda ketika menilai. Bisa jadi menurut kita sebuah postingan amat biasa-biasa saja. Tapi bisa jadi sang admin blog pilihan, memilih karena postingan itu ringan, kontekstual, faktual, trend, dll.

“Kasih tau aku dong, rahasia biar postinganku bisa jadi blog pilihan!” pintanya. Aku bilang, rahasianya adalah: tak ada rahasia! Karena kupikir, bisa jadi kebanyakan orang yang blognya terpilih sebagai blog pilihan, tak punya tujuan ngeblog sekedar untuk jadi blog pilihan. Bisa jadi mereka hanya sekedar menulis dengan enjoy, menulis sesuai mood, dan menulis sesuai kebutuhan.

“Jadi, jangan pikirkan apakah postinganmu bakal terpilih jadi blog pilihan, tapi pikirkanlah, kapan kamu update blog kamu dengan tulisan” pesanku padanya.

Posted in: Tips & Trik