Capture Screen Untuk Bikin Tutorial

Posted on 25 September 2009 by

11



Postingan ini saya buat untuk menjawab pertanyaan seorang teman blogger. Ia menanyakan cara menampilkan gambar-gambar untuk menunjang pembuatan tutorial.

Sebenarnya fasilitas standar sudah tersedia pada setiap komputer. Anda tinggal tekan kombinasi tombol Alt+Printscreen. Lalu buka program pengolah gambar dan paste (ctrl+V). Selanjutnya tinggal memotong sesuai kebutuhan (cropping). Tapi cara seperti itu kurang menyenangkan.

Agar lebih mudah dan menyenangkan, mending pakai software yang dibuat untuk melakukan fungsi capture screen. Banyak software gratisan yang bisa anda dapatkan melalui googling. Salah satunya adalah Screen Print & Capture 32, yang kestabilannya mentok pada versi 3.5.

sp32-20090918-043508

Setelah mengunduh lalu menginstalasikan pada komputer, Anda tinggal melakukan setting. Ada pilihan metode capture, langsung mencetak, dan menyimpannya dengan ekstensi GIF, PNG, BMP, dan JPG.

Enaknya software ini, Anda tinggal menekan tombol printscreen lalu pilih sendiri area yang capture. Jadi tak perlu lagi melakukan cropping. Hasilnya bisa langsung disimpan sebagai image. Untuk menampilkannya pada postingan, tinggal import file saja. Kalau untuk melengkapi postingan, tinggal insert image pada menu yang disediakan oleh word prosesor yang disediakan layanan blog. Gitu saja! Gampang dan menyenangkan!



Advertisements
Posted in: Tips & Trik