Jangan Ngambek Kalau tak Dikunjungbalik

Posted on 26 October 2009 by

18


“Kamu bilang kalau mau banyak orang berkomentar di blogku, aku harus berkomentar lebih dulu ke blog orang lain. Nyatanya dari 20 blog yang kukomentari, hanya 4 orang yang komentar balik!” Protes temanku sore itu.

“Berarti memang cuma 20% yang mungkin kita dapatkan dari usaha kita…” Jawabku sambil melanjutkan nulis draft blogku.

“Padahal aku komentar di blognya orang-orang yang bisa dibilang terkenal di kancah blog indonesia!” Masih protes, mulutnya makin monyong.

“Hehehe… mereka sibuk, jangan berharap mereka mau datang ke blog kita…”

“Tapi mereka itu kan mestinya memilih blogku yang terbilang baru!”

“Jika komentarmu salah satu dari puluhan komentar di blog mereka, jelaslah mereka gak sempat mengunjungi satu persatu. Kan setiap orang punya keterbatasan blogwalking. Kadang dibatasi waktu online yang memanfaatkan waktu kerja, kadang dibatasi speed internet yang lelet…” jawabku

“Ya sudah! Aku gak bakalan komentar lagi di blog orang-orang terkenal itu!” ngambek pula dia rupanya.

“Kamu blogwalking untuk membaca, atau mengharap komentar balik?” tanyaku spontan.

“ng…. nganu… ya dua-duanya!” aku jadi ingat gaya pak RW di sinetron PPT.

“Ya sudah, dari pada ngambek, mending kamu berprasangka baik aja, anggap aja mereka juga datang ke blog kamu, tapi tak sempat berkomentar.”

“Gimana mau dapat page rank kayak blog kamu, kalau gitu?!” maklum, temanku kepingin banget dapat PR dari google.

“Halah! Jangan dipikirin! Yang penting nulis aja terus… Jangan pikirin PR dulu. Lha blog kamu kan belum berumur dua bulan. Lagipula postinganmu baru lima! hehehe…. makanya nulis aja teruslah!” saranku.

Begitulah trend blogging sekarang. Lebih banyak yang sekedar mengejar PR ketimbang menulis. Aku sendiri gak ngerti gimana bisa dapat PR 4/10 dari google. Pernah sih dapat penjelasan dari Fandhie dan Reza soal itu. Tapi memang dasar nggak kuat hafalan, jadi nggak bisa menjelaskan ulang hehehe…. mending tanya saja langsung ke dua ciptaan Tuhan yang baik hati itu.

Advertisements
Posted in: Catatan Lepas