Obrolan Dalam Kegelapan

Posted on 12 November 2009 by

11


foto by ngintipjakarta

foto by ngintipjakarta

Salah satu daerah di Jakarta mendapatkan giliran pemadaman listrik yang dikelola PLN. Sejak pagi hingga normal lagi menjelang maghrib. Belum sejam kemudian, padam kembali hingga malam.

Bang Namun dan Mpok Geboy membahasnya sambil menantikan anak semata wayangnya – si Akhir – yang belum pulang selama 3 hari. Katanya ikut Pesantren Kilat di tempat yang tak diberitahukannya.

“Mati lampu kayak gini gak enak banget ye, bang?” celoteh mpok geboy sambil tiduran memeluk guling.

“Kalo enak, gue bakalan pesen tiap hari!” Bang Namun menjawab asal-asalan. pikirannya masih tertuju pada si Akhir.

“Pegimane nih PLN? Masa udah seharian mati, eh malem dimatiin juga. Pas dikontek, katenye lagi ada yang dibenerin. Ditanya kapan kire-kire nyala lagi, eh die kagak bisa ngasih kepastian… dasar pade gak beres dah kerjanye!” Mpok Geboy benar-benar kecewa.

“Jangan dipikirin! Biarin aje listrik mati. Kan kite jadi ngirit bayarannye…”

“Enak aje lu bang! Irit sih irit… tapi kite kan butuh lampu biar kagak gelap kaya gini. Udegitu, kan gue gak bisa liat sinetron langganan gue! Belon lagi, kite udah keabisan aer. Kan kompa mesin kite kagak bisa nyedot aer kalo kagak ade setrumnye!”

“Kite mah terima aje deh. Namanye juga rakyat kecil. Udah biasa dikerjain kayak gini.”

“Iye, udah bisa dikerjain, dibego-begoin, nah udegitu, jadi kebiasaan nyusahin warga! Usaha kayak gitu mah gak bakal berkah! Mangkenye, PLN rugi terus kan, bang?!”

“Ruginye mah bukan lantaran mati lampu! Tapi kerna udeh kebanyakan korupsi. Lu tau dah?

Tiba-tiba ada sesuatu yang jatuh tepat di jidat bang Namun. tangannya spontan menyambut cairan rada padat sedikit itu. Spontan pula ia langsung mencium tangannya… “Busyet dah, gelap-gelap gini gue malah diberakin cicek! Matirabit dah tu cicek!” makinya, kesal.

“baru diberakin cicek aje lu dongkol amat. Lha pegimane kalo diberakin same buaye?!” Sambar mpok Geboy.

Tiba-tiba lampu kamar nyala. Tapi hanya beberapa detik, padam kembali. Mpok Geboy makin kecewa, “Dasar PLN Monyet!”

“Hehehe… diberakin monyet lu ye! Baru tau lu!” Bang Namun tertawa mendengar makian istrinya.

“Lagian, idup cuman sebentar. Bikin dongkol aje! Emang dasar PLN Monyet!” maki mpok Geboy.

“Ya gitu deh… yang ngatur negare bisanye cuman berakin rakyat doangan! Gue diberakin cicek, orang-orang sekarang lagi pade diberakin buaye, lha, elu diberakin monyet! hehehe….”

“Diem lu bang! jangan bikin gue tambah kesel deh…” Mpok Geboy memunggungi suaminya, yang sedari tadi cuma memikirkan anaknya yang belum pulang. Bang Namun kuatir si Akhir ikut-ikutan pengajian yang gak jelas. Ia takut anaknya terjebak jadi pengantin, ikut-ikutan jaringan teroris yang sering berak sembarangan. Berakin rakyat!

Memang isu teroris kini sudah terkubur karena berita tentang pengkhianatan lembaga hukum terhadap rakyat banyak. Tapi bukan berarti teroris lagi liburan. Bisa jadi mereka sedang menunggu “job” baru dari sang perekayasa kerusuhan.

Advertisements
Posted in: Betawi Begaye