Kambing, Bukan Kucing!

Posted on 27 November 2009 by

8


kambingkecil

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Wak Haji selalu membeli puluhan ekor kambing untuk Hari Raya Qurban di Kampung Kapitkotan. Bang Namun diangkat sebagai panitia. Kemarin dia menemani Wak Haji membeli 30 ekor kambing di Pasar Kambing.

Malam H-1 pesanan 30 ekor kambing itu datang satu truk. Bang Namun dan tetangga kampung menggiring sekawanan kambing itu menuju lapangan Masjid. Di halaman itulah, esok kambing Qurban itu akan disembelih dan didistribusikan untuk seluruh warga kampung.

Ujug-ujug Wak Haji datang dengan tampang tanpa senyum.

“Matirabit! nage-nagenye, Wak Haji lagi kagak enak ati, tuh…” Bang Namun nyeletuk kepada tetangga anggota panitia Qurban.

“Kambing yang gue pesen mane?” Tanya Wak Haji kepada Bang Namun.

“Lha, ini Wak Haji. Kan kemaren kite pesen 30 ekor.” Jawab Bang Namun sambil menangkap salah satu kambing yang nyaris kabur dari kawanannya.

“Mane die?”

“Lha ini semua ada 30, Wak Haji… coba deh itung lagi…”

“Mane orang yang ngirim? Yang jualan Kambing kemaren?” Wak Haji mendamprat Bang Namun

“Wah, udah pulang… Katenye die buru-buru mau ngirim lagi ke kampung laen… “ jawab Bang Namun

“Pegimane sih?”

“Nape Wak Haji?”

“Lha, kan kemaren lu nemenin gue ke Pasar Kambing. Lu kan tau, yang gue beli Kambing, bukan kucing!!!” Wak Haji menampakkan ekspresi marah. Bibirnya komat-kamit entah berkata apa.

“Lha, ini kambing, wak Haji…”

“Mate lu ringsek! Lu kagak inget?! Kemaren kan gue udah milihin 30 kambing yang gede-gede… ini mah apaan? Kecil-kecil begini… nggak sama kayak yang gue pesen?!”

Bang Namun memperhatikan kembali sekawanan kambing itu. Ia baru sadar kalau ternyata ukurannya tidak sesuai dengan yang sudah dipesan dan dibayar kontan oleh Wak Haji kemarin. “Iye… ye… “ bang Namun garuk-garuk kepala, “Wah, pegimane nih?”

“Pegimane? Lha gue kagak mao tau! Pokoknye kambing yang kemaren gue bayar bukan yang enih! Balikin tuh kambing semua! lu samperin lagi tuh tukang kambing penipu. Pegimane mau berkah kalo jualan pake nipu-nipu gitu… Ikut-ikutan orang gedean aje, pake nipu-nipu segale!”

“Pulangin lagi, wak Haji?” Bang Namun bengong. Tetangga yang lain dari awal nggak berani ikut ngomong. Mereka tahu, kalau Wak Haji marah nggak bakalan bisa dilawan.

“Iye, lu samperin lagi tuh tukang tipu. Bilang same die, gue beli kambing, bukan kucing! Kesian rakyat kite mao dikasih tulang doangan! Qurban entuh buat rakyat kite, bukan buat gue! Kalo gue mah kagak doyan kambing! kan Lu tau pade?!!”

cb100

Bang Namun langsung menjalankan titah Wak Haji. Ia langsung ngibrit menuju “Tua Gila”, julukan buat motor warisan andalannya. Ditemani oleh Mas Kasimin, sang marbot Masjid, ke Pasar Kambing… “Matirabit! Tukang kambing ngerjain gue…. kemaren udah milih nyang gede, eh dikirim nyang kecil… ” Bang Namun ngedumel. [MT]

Posted in: Betawi Begaye