Blogor, Komunitas Blogger Bogor

Posted on 30 November 2009 by

8


“Dewasa berjiwa muda, muda bersikap dewasa…”

Slogan di atas pernah menjadi spirit radio elshinta zaman dulu kala. Namun slogan tersebut nyatanya masih bernyawa dalam sebuah komunitas blogger di Bogor. Blogor namanya.

blogor

Dalam usianya yang sudah setahun, aku melihat keakraban dan kebersatuan antara blogger tua dan muda. Orang-orang tua yang kusebut dewasa diwakili oleh pak Sjafrie Mangkuprawira, seorang guru besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB, pak Prasabri Pesti, seorang GM Telkom Bogor, pak Matri Soni, seorang guru dan staf ahli di sekolah Dwi Warna Boarding School, Bogor, dan masih banyak tokoh dewasa lainnya dari berbagai dunia yang beragam.

Kaum mudanya diwakili oleh mahasiswa, sarjana, pelajar SMA, pengusaha muda, maupun para penulis yang memiliki keterikatan emosi dengan Bogor. Sebut saja seorang Baban Sarbana, yang telah menulis beberapa buku, terutama Lebah Cerdas. Non Adita, blogger yang namanya tak asing lagi di tataran blogger indonesia. Hartanto Sanjaya, aktifis lingkungan (Badak Indonesia). Hanggadamai, sarjana muda ketua Blogor, yang berternak lele. Kang Achoey, pengusaha muda Mie Janda. Akhdian, Candra Iman yang bikin web ilovebogor, Alif sang ontohod designer plus ketua harian blogor, dan masih banyak lagi para pemuda enerjik yang layak disebut namun tak banyak ruang untuk menuliskan nama-nama mereka.

Perpaduan kamu muda dan orang tua yang dewasa dan bijaksana menjadi kekuatan komunitas yang dibentuk pada 24 Agustus 2008 ini. Dalam beberapa kali pertemuan (kopdar) aku merasakan mereka saling mendukung dan membimbing. Yang muda penuh dengan ide segar, yang dewasa penuh dengan kebijaksanaan dalam bimbingan.

Program yang telah dilakukan oleh Blogor merupakan perpaduan gagasan dari mereka. Pelatihan blog untuk guru pernah dilakukan. begitupun untuk siswa dengan tujuan mengarahkan kegiatan berinternet anak muda agar lebih berarti dan bertanggungjawab. Program sosial juga telah dilakukan, dengan memberikan santunan kepada anak-anak yatim dan kaum dhu’afa. Bahkan pelatihan berupa keterampilan memasak juga pernah diberikan kepada kaum perempuan Bogor.

Sebuah program yang bisa dibilang fenomenal adalah ketika blogor memperingati ulang tahun kota Bogor. Saat itu blogor menggelar Gerakan Sapu Bersih. Apa yang disapu? Koruptor? Bukan! Program Sapu Bersih adalah menyebarkan kekuatan barudak Blogor untuk turun ke jalan membawa sapu dan tong sampah. Mereka bersama-sama menyapu sepanjang jalan di Kota Bogor. Mereka berharap gerakan tersebut dapat menginspirasi orang lain untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan hidupnya.

Di akhir tahun ini, Blogor akan menyelenggarakan kopdar paling santai dan akrab bagi semua anggotanya. Kopdar ini merupakan kopdar jilid III, yang pada jilid I dan II banyak diminati oleh barudak Blogor. Kopdar Mancing jilid III namanya. 20 Desember 2009, kopdar mancing kembali digelar di tempat yang sama, yaitu pemancingan milik pak Sjafrie. Siapapun anda, blogor ataupun bukan, boleh datang ke acara akhir tahun yang santai, akrab, menyenangkan, dan tetap berisi.

tulisan ini dipublikasikan untuk kompasiana dan pastinya, blogdetik.

Advertisements
Posted in: Catatan Lepas