Pentingnya Menulis Subject Imel

Posted on 14 December 2009 by

14


Berkirim surat elektronik (e-mail) yang lebih sering saya tulis imel, merupakan kebiasaan mereka yang menerapkan teknologi informasi dalam hidupnya. Menerima dan membalas imel menjadi suatu hal yang lazim di abad sekarang.

Dalam menulis imel, satu hal sederhana tapi penting yang harus disadari adalah menuliskan subject. Dalam surat-surat resmi versi cetak, subject sama dengan hal/perihal. Ini sangat penting ditulis agar penerima imel langsung mengetahui tentang urusan apakah imel yang diterimanya.

Saking pentingnya menulis subject, setiap panitia lomba menulis atau lomba apapun yang mesti dilakukan melalui konfirmasi imel, meminta pengirim menuliskan subject tertentu. Misalnya saat aku menjadi juri sebuah lomba desain website Science sebuah universitas. Para peserta diminta mengirimkan karyanya via imel dengan subject “lomba desain website 2009”.

Namun pada kenyataannya, ada saja peserta yang tidak menulis subject imel sesuai ketentuan panitia. Resikonya, imel yang masuk ke inbox panitia tidak langsung tersimpan dalam folder yang dibuat khusus untuk otomatis menerima imel ber-subject “lomba desain website 2009” ada saja peserta yang mengirim imel dengan subject sesukanya, seperti “karyaku”, “desain websiteku”, “untuk panitia”, dan lain-lain.

subject imel Resikonya sudah dipahami. Panitia hanya memeriksa imel dengan subject yang telah ditentukan. Sedangkan imel tanpa subject resmi tak terdeteksi karena masuk ke dalam inbox umum. Hingga pada akhirnya beberapa peserta complaint karena karyanya tidak disertakan dalam lomba.

Beruntung panitia masih berbaik hati setelah beberapa peserta melakukan protes sebelum masa penilaian berakhir. Dengan alasan menghargai karya anak bangsa, akhirnya panitia sibuk mencari imel peserta di deretan imel yang masuk dalam inbox default, dan menemukan karya yang nyaris tercecer itu.

Itulah kira-kira pentingnya menulis subject imel sesuai dengan yang ditentukan atau sesuai dengan urusan dengan pihak terkait. Subject menjadi amat memudahkan penerima imel dalam menyortir dan memprioritaskan imel yang mesti dibacanya.

Advertisements
Posted in: Tips & Trik