Manfaat Ngeblog yang Kudapatkan

Posted on 9 January 2010 by

24


mt-di-photofunia-6Banyak manfaat yang membuat orang enjoy ngeblog. Ada yang hanya punya satu, lima, tujuh, bahkan puluhan manfaat. Akupun punya pengalaman sendiri, tentang manfaat ngeblog. Bisa jadi manfaat yang kurasakan sama dengan narablog lain di dunia. Bisa jadi sepele, bahkan nggak penting banget bagi beberapa orang.

  1. Sehat. Bagiku, ngeblog bisa bikin aku sehat. Kegelisahan pemikiran dan kegundahan rasa bisa menguap ketika kutuliskan dalam blogku. Apapun, kutuliskan yang penting plog, enteng!
  2. Representasi Diri. Blog adalah representasi diriku sendiri. Apa yang kutulis menunjukkan pandanganku akan satu hal. Baik buruknya aku, terwakili dalam setiap postingan.
  3. Relasi. Ini yang bikin ngeblog jadi tambah asyik. Ternyata dunia tak sesempit yang kukira. Tak terbayang sebelumnya kalau ternyata blog bisa memperbanyak kuantitas dan kualitas pertemananku.
  4. Berbagi. Pertemanan yang terjalin melalui blog ternyata memberikan manfaat lain, yaitu sharing. Komentar teman-teman pada setiap postingan, postingan teman-teman pada blognya masing-masing, adalah wujud dari indahnya berbagi pengalaman, pengetahuan, bahkan berbagi kepedulian.
  5. Inkubator. Apa yang aku tulis pada blogku biasanya tulisan yang tak cukup panjang. Bahkan kadang amat singkat. Begitulah nyatanya. Bagiku blog amat bermanfaat sebagai ruang pengendapan naskah. Hebatnya, ketika naskah itu mendapatkan komentar beragam sudut pandang, aku malah mendapatkan tambahan ide untuk menyempurnakannya.
  6. Buku. Manfaat ini baru kurasakan pada awal 2007, ketika ada penerbit yang memintaku menulis buku. Sebelumnya mereka telah lama membaca beberapa postinganku. Ada beberapa postinganku yang cukup memberikan gambaran bagi penerbit yang membuat mereka yakin aku bisa menulis buku. Sampai kini, sudah 2 buku yang kuterbitkan, dan keduanya berawal dari blog.
  7. Uang. Hasil dari manfaat relasi dan berbagi, akupun mendapatkan motivasi dari teman blogger untuk menjadikan blogku sebagai sumber penghasilan sampingan. sebelumnya aku tak menyadari manfaat Pagerank dari Google. Baru setelah teman-temanku menjelaskan monetize, akhirnya kudapatkan juga beberapa dollar ke rekeningku.
  8. Promosi. Dengan adanya blog, aku bisa mempromosikan apa yang sedang kulakukan. Misalnya menjual bukuku, mengampanyekan beberapa event, dan lain-lain. Blog kurasakan cukup efektif sebagai media promosi.

Anda punya manfaat lain? Posting dong ah! 😀

Advertisements
Posted in: Catatan Lepas