Kelas Menulis dimulai dari Blogdetik

Posted on 24 February 2010 by

7


mtuntirtaJika kebanyakan ABG mengisi malam minggunya dengan dating ataupun dugem, tapi tidak untuk ABG yang mengikuti kelas pertama di Kelas Menulis. Mereka mengisi malam minggunya dengan blogging. Acara yang dimulai pukul 20.00 sampai dengan 22.00 WIB itu dibuka dengan panduan ngeblog di blogdetik. Dibantu oleh Ochem, seorang guru TI, saya membuka kelas pertama dengan menjelaskan kenapa KM mesti berbasis blog.

Blog bukan sekedar media baca tulis. Lebih dari itu, blog juga bisa berfungsi sebagai social media. Dengan blog, kita dapat berinteraksi dengan banyak blogger untuk belajar menulis. Peserta bisa belajar tentang ragam tulisan dengan membaca beragam blog. Mau blog yang serius, ada. Yang fun juga ada. Mau belajar menulis cerita pendek, tinggal buka blog yang isinya cerita. Puisi juga banyak. Mau sekedar mengurai perasaan dengan kata-kata, tinggal baca banyak blog yang isinya curhat apa adanya.

Manfaat blogwalking tak hanya memberi banyak wawasan tentang keragaman tulisan, tapi juga menjalin interaksi positif dengan berbagi komentar. Positif ataupun negatif komentar yang ditorehkan para blogwalker, adalah masukan yang bermanfaat bagi pemilik blog.

Dengan berbasis blog, memudahkan saya untuk melihat tulisan peserta kapan saja mereka update. Apalagi dengan fasilitas plugin feedwordpress, untuk menjadikan blog peserta KM sebagai umpan (feed) untuk aggregator blog Kelas Menulis. Tentu dengan adanya plugin ini, memudahkan saya untuk melihat semua blog peserta hanya dengan membuka satu blog saja.

Setelah 1.5 jam mengurai tentang blogging di blogdetik, Kelas Menulis memberikan tugas bagi para peserta untuk mulai menulis. Wajar jika ada pertanyaan, “nulis apa ya, pak?” dari peserta. Namanya juga baru belajar. Dengan enteng saya menjawab, “tulis apa saja, meskipun yang kamu tulis adalah, kamu tak tahu mau menulis apa”.

Pertemuan pertama ini ditutup dengan kesepakatan untuk membedah tulisan para peserta pada pertemuan berikutnya. Peserta mesti menulis sebuah cerita bebas. Sebagai bekal, KM memberikan poin-poin yang akan menjadi alat bedah tulisan :

  • Paragraf
  • Penokohan
  • Konflik
  • Pesan Moral
  • Klimaks
  • Kelugasan berbahasa

Yuuk ngeblog terus… dan slogan kelas menulis kutulis di sini : “Tulis saja, jangan ragu!”

Advertisements
Posted in: Pendidikan