Kategori Blog untuk Penokohan

Posted on 13 March 2010 by

3


tntDalam sebuah sesi kelas menulis barusan, dibahas tentang menciptakan tokoh dalam blog. Aku menjelaskan tentang pembuatan kategori blog berdasarkan tokoh yang kita ciptakan. Sebagai contoh gampang adalah blogku sendiri. Dari banyak kategori yang ada di blogku, aku juga membuat kategori blog berdasarkan tokoh-tokoh yang kuciptakan. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Betawi Begaye

    Kategori ini adalah kumpulan Cerita Serial tentang rakyat Betawi. Kisah tentang kesederhanaan keluarga Bang Namun dengan istri tercintanya, Mpok Geboy. Bang Namun bekerja sebagai tukang cukur. Sedangkan Mpok Geboy jualan gado-gado. Mereka punya satu anak yang biasa dipanggil Akhir. Nama panjangnya adalah Akhir Dari Sebuah Penantian Yang Cukup Lama…

  2. Dongeng Sebelum Bangun Tidur

    Kategori ini berisi serial Dongeng SEBELUM BANGUN TIDUR. berkisah tentang kehidupan rakyat jelata di sebuah kerajaan bernama Purbadewa, yang dipimpin oleh sang raja bernama Raja Cemanibuana. Ada tiga tokoh utama dalam dongeng ini, yaitu Mang Papay, Mang Odon, dan Parikesit.

  3. New Kids on the Blog (NKotB)

    Kategori yang kubuat untuk menampung cerita tentang pertemanan 5 orang anak SMA (boarding school). Tokoh utamanya ada 5, yaitu Nawi, Karim, O-jack, Tatox, dan Brohim. Inilah kisah yang MT buat tentang dunia remaja dan dunia pendidikan.

  4. Si Gali

    Gali adalah tokoh yang kubuat untuk menggambarkan sosok lelaki yang tak pernah berhenti berusaha meskipun ditimpa kegagalan terus-menerus. Dia pantang menyerah, walau kadang suka mengeluh. Apapun ia lakukan untuk bisa bertahan hidup. Pada kategori inilah aku menceritakan kisah si Gali dalam usahanya mengejar cinta dan cita-cita.

  5. TnT (Tugino dan Tuginem)

    Pada kategori ini aku menulis cerita bersambung tentang kisah suami istri, Tugino dan Tuginem. Tugino pernah bekerja sebagai penjaga toko, kuli bangungan, dan sekarang jadi anggota Satpam. Sedangkan istrinya, Tuginem mantan Tenaga Kerja Wanita yang dipulangkan ke kampungnya karena tak becus bekerja. Kehidupan TnT merupakan potret lain rakyat endonesya yang hidupnya selalu merasa kurang dan tak pandai bersyukur.

Berdasarkan pengalamanku, membuat kategori memudahkan kita untuk belajar dan fokus dalam membangun karakter tokoh yang kita ciptakan.

Advertisements
Posted in: Pendidikan