Sumur Keramat

Posted on 29 March 2010 by

11


awisanAku sampai di kompleks makam Syech Qurotul ‘Ain, di Karawang. Namun tak langsung memasuki bangunan makam dimana banyak pengunjung yang melakukan ritual ziarah. Sambil menunggu sepi, kumanfaatkan waktuku untuk bercengkrama dengan orang tua yang sedang duduk santai di depan WC Umum.

“Sudah lama bekerja di sini, pak?” tanyaku kepada seorang yang mengenakan baju putih, yang ketika kutanyakan namanya, tak mau menjawab.

“Udah 20 taon!” Jawabnya dengan badan yang ditegakkan.

“Bapak memang penduduk asli kampung ini?”

“Ya, saya lahiran sini, udah dari kecil sering maen di sini.”

“Bagaimana suasana kampung ini sebelum ditemukannya makam syech Quro, pak?”

“Wah, ini mah hutan! Nggak banyak orang yang tau kalo di sini ada makam orang suci.”

“Bukannya makam ini ditemukan pada 1859?”

“Bener. Tapi belon terkenal kayak sekarang. Cuman orang-orang tertentu aja yang suka pada dateng kemari.”

“Biasanya mereka ngapain kemari, pak?”

awisan2

keramat sumur awisan

“Cari berkah. Terutama dari Sumur Awisan!” Jelasnya sambil menunjuk ke sebuah bangunan kecil yang berisi sebuah sumur.

“Apa keistimewaan sumur itu, pak?” tanyaku sambil mengarahkan kamera ke arah Sumur Awisan.

“Air di sini asin, kecuali air sumur itu. Nah, banyak orang yang cari berkah dari air itu. Ada yang buat minterin anaknya yang sekolah, buat penglaris dagangan, pokoknya macem-macem, dah.”

“Bapak sendiri, apakah juga menggunakan air itu?”

Yang kutanya hanya senyum saja. “Saya sih, orang sini asli. Berkahnya dapat dari pengunjung aja.”

“Maksudnya dapat dari pengunjung bagaimana, pak?”

“Ya dari orang-orang yang ke WC Umum. Kan saya yang tiap hari ngebersihin pake karbol, disikat, disiapin airnya. Nah dari kotak sumbangan WC itu saya dapat sebagian.”

“Oh, jadi Bapak sendiri tidak memanfaatkan air keramat dari Sumur Awisan, ya?”

“Nggak. Itu mah buat orang-orang yang yakin aja.” Senyumnya menandakan kalau ia sendiri sepertinya tak yakin dengan kekeramatan air sumur yang digadang-gadang bisa memberikan berkah kepada pengunjung makam.

Advertisements
Posted in: My Trip