Sebuah Buku Pengikat Pertemanan

Posted on 11 May 2010 by

8



Aku gembira sekali ketika mendapatkan sebuah buku yang kuidamkan : Fidel dan Che, karya Simon Reid-Henry. Buku itu kuperoleh dari Pakdhe Cholik, yang mengelola blog Plesiran. Koq bisa Pakdhe menghadiahkan buku untukku?

Kebetulan aku menulis sebuah artikel wisata untuk blog Plesiran. Nah, memang sudah dari sononya, Pakdhe ini orang baik, maka iapun memberikan cinderamata atas artikelku itu dengan sebuah buku. Ia bilang, “mau buku apa?” Kujawab dengan sebuah buku yang kuidamkan namun karena lagi bokek, tak sanggup kubeli. Sekali lagi, terima kasih banyak Pakdhe!

Buku ini berkisah tentang persahabatan Fidel Castro dan Ernesto “Che” Guevara. Fidel dan Che adalah dua tokoh legendaris. Sudah banyak buku yang ditulis tentang kisah kedua tokoh ini. Sayangnya, kisah-kisah tentang kehidupan keduanya lebih banyak ditulis berdasarkan sumber-sumber Amerika, Soviet, atau Eropa, yang secara nota bene “tidak menyukai” sepak terjang Fidel dan Che. Di samping itu, buku-buku tersebut lebih fokus pada kehidupan mereka sebagai individu dan sedikit sekali menyinggung tentang persahabatan keduanya yang justru menjadi episode penting dalam kehidupan Fidel maupun Che.

Buku ini banyak menawarkan kebaruan seputar kisah kehidupan kedua tokoh legendaris ini, karena:

1. Sumber-sumber yang digunakan tidak hanya bertumpu pada sumber-sumber Amerika, Soviet, atau Eropa. Lebih dari itu, penulis buku ini mengeksplorasi sumber-sumber yang selama ini belum pernah digunakan, yaitu sumber Kuba, baik berupa memoar, kesaksian, maupun hasil wawancara dengan mereka yang “kenal dekat” atau “bersentuhan” dengan Fidel dan Che.

2. Fokus buku ini adalah persahabatan yang terjalin di antara keduanya dan bukan kehidupan Fidel dan Che sebagai individu yang sudah banyak dibicarakan dalam buku-buku lain.

Buku ini sangat penting untuk dibaca karena banyak sekali sisi-sisi kehidupan Che dan Fidel yang selama ini masih diselimuti misteri, terungkap secara gamblang dalam buku ini.

Advertisements
Posted in: Catatan Lepas